aLLVAr

Rabu, 17 Maret 2010

TUGAS Pengantar Teknologi Game MINGGU KE-6















1. Definisi Game Engine

2. Macam-macam dame engine (min. 4) dikelompokkan yang freeware dan bayar
3. Bandingkan game engine dalam bentuk tabel


jawab :

1. Game engine adalah adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop, seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( "renderer") untuk 2D atau 3D grafis, sebuah mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, lokalisasi dukungan, dan sebuah adegan grafik.
[ 1 ] Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.


2.
  • Commercial Engines


Mesin ini tersedia untuk penggunaan bebas, namun tanpa kode sumber yang tersedia di bawah lisensi open source. anyak dari mesin ini adalah produk komersial yang mempunyai edisi gratis tersedia untuk mereka:

* Adventure Game Studio
* dim3
* Game Maker Lite
* M.U.G.E.N
* Panda3D
* Unity
* World Builder
* Wintermute Engine
* RGSS

  • Commercial Engines
* Alamo
* A.L.I.V.E.
* Aurora Engine
* BigWorld - Server
* BRender
* C4 Engine
* Cafu Engine
* Coldstone game engine
* CPAL3D
* CryEngine, CryEngine 2, CryEngine 3
* Crystal Tools
* DX Studio
* Dunia Engine
* Earth-4 Engine
* Electron engine
* Elflight Engine
* Enigma Engine
* Esenthel Engine
* Esperient Creator
* Euphoria
* Freescape (1986)
* Frostbite Engine
* GameSalad
* Gamestudio
* Glacier, Glacier2
* GrimE
* HeroEngine
* id Tech 4
* id Tech 5
* IMUSE
* Infernal Engine
* INSANE
* Infinity Engine
* Jade engine
* Jedi
* Kaneva Game Platform
* Kinetica
* Leadwerks Engine
* Lemon Engine
* Lithtech Jupiter Ex
* LyN engine
* Medusa
* Monumental Technology Suite
* MT Framework
* Multimedia Fusion 2
* Multiverse Network
* Odyssey Engine
* Onyx Engine
* PhyreEngine
* Q (game engine)
* RAGE
* RelentENGINE
* RenderWare
* Revolution3D
* RPG Maker
* RPG Maker XP
* RPG Maker 2003
* RPG Maker 95
* SAGE engine
* Scaleform
* SCUMM engine
* Serious Engine
* Shark 3D
* ShiVa
* Silent Storm engine
* Sith
* Source engine
* Torque Game Engine developed by Dynamix for the 2001 FPS Tribes 2.
* Torque Game Engine Advanced
* TOSHI
* Truevision3D
* Unigine
* Unity
* Unreal Engine
* Vengeance engine
* Vicious Engine
* Virtools
* Vision Engine
* Visual3D.NET Game Engine
* WGAF
* X-Ray
* XnGine
* Zillions of Games


3. Perbandingan Freeware Engines
Blender

KELEBIHAN

KEKURANGAN

dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki "Engine Game" sendiri dan menggunakan "Python"
sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

production timenya



Perbandingan Commercial Engines

Swift3D

KELEBIHAN

KEKURANGAN

· Merupakan tool yang simpel, tidak ribet, tinggal drag and drop.

  • Sangat tidak cocok untuk membuat bentuk 3D yang kompleks. Jika ingin membuat bentuk 3D yang komplek kita harus menggunakan 3dsmax atau blender kemudian kita export dalam bentuk 3ds.

· Swift3D mendukung animasi objek 3D.

  • Susah untuk membuat animasi sendiri selain dari template animasi dari swift3D.

· Animasi dapat diexport ke banyak file, misal avi, flv, swf, swt, dan ai.

  • Kita tidak dapat memberikan efek pada objek, misal efek noise dll.

· Kita dapat memilih jenis rendering yang kita inginkan, yaitu raster (bitmap) dan vector. Jenis gambar raster lebih lama saat me-render, akan tetapi hasilnya lebih bagus. Sedang untuk vector, gambarnya satu warna atau gradasi warna vector (cocok untuk dimasukkan pada animasi vector flash).

  • Jika kita ingin membuat sprite game berisikan animasi, mungkin cocok digunakan swift3D karena mengingat jika kita menggunakan 3D pada flash dengan engine seperti papervision3D, away3D, sandy3D, maka akan bertambah berat.

· Jika kita ingin membuat model yang simpel, maka swift3D bisa digunakan untuk membuatnya.






sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://iddev.wordpress.com/2009/08/27/kelebihan-dan-kekurangan-swift3d/
http://blenderindonesia.org/forum/viewtopic.php?f=47&t=22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar