aLLVAr

Rabu, 17 Maret 2010

TUGAS Pengantar Teknologi Game MINGGU KE-6















1. Definisi Game Engine

2. Macam-macam dame engine (min. 4) dikelompokkan yang freeware dan bayar
3. Bandingkan game engine dalam bentuk tabel


jawab :

1. Game engine adalah adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop, seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( "renderer") untuk 2D atau 3D grafis, sebuah mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, lokalisasi dukungan, dan sebuah adegan grafik.
[ 1 ] Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.


2.
  • Commercial Engines


Mesin ini tersedia untuk penggunaan bebas, namun tanpa kode sumber yang tersedia di bawah lisensi open source. anyak dari mesin ini adalah produk komersial yang mempunyai edisi gratis tersedia untuk mereka:

* Adventure Game Studio
* dim3
* Game Maker Lite
* M.U.G.E.N
* Panda3D
* Unity
* World Builder
* Wintermute Engine
* RGSS

  • Commercial Engines
* Alamo
* A.L.I.V.E.
* Aurora Engine
* BigWorld - Server
* BRender
* C4 Engine
* Cafu Engine
* Coldstone game engine
* CPAL3D
* CryEngine, CryEngine 2, CryEngine 3
* Crystal Tools
* DX Studio
* Dunia Engine
* Earth-4 Engine
* Electron engine
* Elflight Engine
* Enigma Engine
* Esenthel Engine
* Esperient Creator
* Euphoria
* Freescape (1986)
* Frostbite Engine
* GameSalad
* Gamestudio
* Glacier, Glacier2
* GrimE
* HeroEngine
* id Tech 4
* id Tech 5
* IMUSE
* Infernal Engine
* INSANE
* Infinity Engine
* Jade engine
* Jedi
* Kaneva Game Platform
* Kinetica
* Leadwerks Engine
* Lemon Engine
* Lithtech Jupiter Ex
* LyN engine
* Medusa
* Monumental Technology Suite
* MT Framework
* Multimedia Fusion 2
* Multiverse Network
* Odyssey Engine
* Onyx Engine
* PhyreEngine
* Q (game engine)
* RAGE
* RelentENGINE
* RenderWare
* Revolution3D
* RPG Maker
* RPG Maker XP
* RPG Maker 2003
* RPG Maker 95
* SAGE engine
* Scaleform
* SCUMM engine
* Serious Engine
* Shark 3D
* ShiVa
* Silent Storm engine
* Sith
* Source engine
* Torque Game Engine developed by Dynamix for the 2001 FPS Tribes 2.
* Torque Game Engine Advanced
* TOSHI
* Truevision3D
* Unigine
* Unity
* Unreal Engine
* Vengeance engine
* Vicious Engine
* Virtools
* Vision Engine
* Visual3D.NET Game Engine
* WGAF
* X-Ray
* XnGine
* Zillions of Games


3. Perbandingan Freeware Engines
Blender

KELEBIHAN

KEKURANGAN

dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki "Engine Game" sendiri dan menggunakan "Python"
sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

production timenya



Perbandingan Commercial Engines

Swift3D

KELEBIHAN

KEKURANGAN

· Merupakan tool yang simpel, tidak ribet, tinggal drag and drop.

  • Sangat tidak cocok untuk membuat bentuk 3D yang kompleks. Jika ingin membuat bentuk 3D yang komplek kita harus menggunakan 3dsmax atau blender kemudian kita export dalam bentuk 3ds.

· Swift3D mendukung animasi objek 3D.

  • Susah untuk membuat animasi sendiri selain dari template animasi dari swift3D.

· Animasi dapat diexport ke banyak file, misal avi, flv, swf, swt, dan ai.

  • Kita tidak dapat memberikan efek pada objek, misal efek noise dll.

· Kita dapat memilih jenis rendering yang kita inginkan, yaitu raster (bitmap) dan vector. Jenis gambar raster lebih lama saat me-render, akan tetapi hasilnya lebih bagus. Sedang untuk vector, gambarnya satu warna atau gradasi warna vector (cocok untuk dimasukkan pada animasi vector flash).

  • Jika kita ingin membuat sprite game berisikan animasi, mungkin cocok digunakan swift3D karena mengingat jika kita menggunakan 3D pada flash dengan engine seperti papervision3D, away3D, sandy3D, maka akan bertambah berat.

· Jika kita ingin membuat model yang simpel, maka swift3D bisa digunakan untuk membuatnya.






sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://iddev.wordpress.com/2009/08/27/kelebihan-dan-kekurangan-swift3d/
http://blenderindonesia.org/forum/viewtopic.php?f=47&t=22

Rabu, 03 Maret 2010

TUGAS Pengantar Teknologi Game MINGGU KE-4

1. Skenario mengenai game yang akan dibuat !
2. Unsur Skenario yang dibuat !


Jawab :



GAME Math Popper






Games Math Popper dimana merupakan games Matematika yang di desain menjadi seru untuk semua kalangan memainkannya, karena Games ini dibuat untuk melatih untuk kita menghitung Cepat dan jika hanya untuk melatih menghitung cepat akan membosankan sekali untuk dimainkan. oleh sebab itu di dalam games ini di buat desain yang seru sekali sehingga kita dapat menikmati game matematika tersebut.

Skenario dari game Math Popper :
Pertama-tama menampilkan soal matematika dengan waktu juga berjalan dan dalam tampilan untuk menjawab soal tersebut ada pilihan jawaban berupa angka didalam balon.
untuk menjawab soal tersebut kita memecahkan balon tersebut(seruuu deh...^^). dan balon tersebut akan muncul dan menghilang.., oleh sebab itu harus cepat menjawab soal tersebut. karena jika balon tersebut telat di tusuk akan muncul dengan lama dan alhasil waktu habis...^^
kemudian jika sudah menjawab beberapa soal(5 soal) dengan benar menjawabnya akan masuk ke level berikutnya. dan dalam level berikutnya soal dan jawaban lebih sulit lagi.
contoh dalam games tersebut :
5+1 =
dan banyak balon yang bermunculan dengan memiliki angka yang menjadi jawaban dari soal tersebut : seper ti : 6,7,8,9,3



Skenario mengenai game yang akan dibuat :
Dengan dasar yang sama dari games tersebut tapi dalam game yang akan dibuat dalam tampilan pertama akan ada pilihan"choice" tingkatan. seperti : junior class, senior class, professional class. karena dari situ saya membuat dengan setara dengan level tingkat dia. karena jika anak yang dewasa memainkan permainan akan kecil akan membosankan bagi dia. oleh sebabitu saya membuat pilihan tingkat. dan kemudian tampilan saya ubah keculi jenis soal tersebut dan cara menjawabnya. saya akan mengganti tampilan balon dengan wajah penjahat dan gambar pointer jarum di ganti dengan Borgol. dan jam weaker di ubah menjadi Bom waktu. dan jika waktu telah habis akan meledak.^^


Unsur Skenario yang dibuat :
Dari games ini memiliki unsur mengajarkan menghitung cepat, agar kita terbiasa untuk menghitung dengan cepat dan melatih kita untuk menggerakkan tangan dengan cepat. oleh sebab itu games ini merupakan games yang beredukasi sekali, melatih pikiran,mata,dan tangan...^^