aLLVAr

Selasa, 16 Februari 2010

TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI GAME (Minggu ke-2)








1. Apa yang dimaksud dengan game ?
2. Sejarah perkembangan game !
3. Klasifikasi tentang game !
4. Apa itu game online ?


Jawaban :
  1. Yang dimasksud dengan game adalah Permainan sebagai sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik.
  2. Sejarah Perkembangan Game sebagai berikut : Video games pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 sebagai medium hiburan yang bersifat komersial. Pada akhir tahun 1970an dan awal tahun 1980an, video games menjadi sebuah dasar yang penting bagi industri hiburan di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Sejak masa kejatuhan dalam bidang industri pada tahun 1983 dan kebangkitannya dua tahun kemudian, industri video game telah mengalami perkembangan selama dua dekade dan menjadi industri yang berharga $10 miliar, yang menjadi saingan dengan industri ‘motion picture’ sebagai industri hiburan yang paling berprofit besar. Pada tahun 1952, A.S. Douglas menulis untuk gelar PhD di University of Cambridge jurusan Human-Computer Interraction. Douglas menciptakan permainan komputer grafis yang diberi nama Tic-Tac-Toe. Permainan ini deprogram pada komputer EDSAC vacuum-tube yang memiliki tampilan tabung sinar katode. William Higinborham menciptakan video game pertama pada tahun 1958. Permainan ini diberi judul “Tennis for Two”, diciptakan dan dimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory. Pada tahun 1962, Steve Russell menciptakan SpaceWar! Permainan ini merupakan permainan pertama yang dimaksudkan untuk pemakaian komputer. Russel menggunakan MIT PDP-1 komputer mainframe untuk meciptakan permainan ini. Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video game pertama yang dimaikan dengan televisi, sebuah permainan yang diberi nama Chase. Ralph Baer akhirnya menjadi bagian dari Sanders Associates, sebuah perusahaan elektronik militer. Ralph mencetuskan idenya untuk pertama kali pada 1951, saat sedang bekerja untuk Loral, sebuah perusahaan komputer. Pada 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, menciptakan permainan arcade yang pertama. Permainan ini diberi nama Computer Space, yang diciptakan berdasarkan pada permainan SpaceWar! Permainan arcade Pong diciptakan oleh Nolan Bushnell (dengan bantuan Al Alcorn) setahun kemudian pada tahun 1972. Nolan Bushnell dan Ted Dabney memulai dengan Atari Computer pada tahun yang sama. Pada tahun 1975, Atari kembali meluncurkan Pong sebagai home video game. Tahun 1972, hiburan pertama video game komersial dapat dimainkan di rumah, Odyssey, diluncurkan oleh Magnavox dan didesain oleh Ralph Baer. Permainan mesin ini aslinya didesain pada saat Ralph Baer masih berada di Sanders Associates pada tahun 1966, Baer mengurus untuk mendapatkan ijin legalnya setelah ditolak oleh Sanders Associates. Permainan Odyssey deprogram dengan dua belas permainan. Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertama dan diberi nama Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F merupakan salah satu dari electronic system yang pertama menggunakan microchip yang diciptakan oelh Robert Noyce untuk Fairchild Semiconductor Corporation.
  3. Klasifikasi tentang Game adalah sebagai berikut :
a. Advergaming
adalah game untuk mengiklankan suatu produk, organisasi, atau sudut pandang.
b. Edutainment
adalah sebuah game hiburan yang dirancang untuk mendidik serta menghibur.
c. Games-Based Learning(GBL)
adalah cabang dari permainan serius yang berhubungan dengan aplikasi yang telah ditetapkan hasil pembelajaran. Umumnya mereka dirancang untuk menyeimbangkan materi dengan permainan dan kemampuan pemain untuk mempertahankan dan menerapkan kata materi subjek dunia nyata.
d. Edumarket Games (kombinasi dari advergaming dan edutainment) adalah sebuah game serius mengkombinasikan beberapa aspek seperti: aspek persuasif dan beritae.
e. News Games atau Journalistic games (NGJ)
adalah merupakan cabang dari jurnalisme berkaitan dengan pelaporan dan diskusi tentang video game. Hal ini biasanya didasarkan pada inti mengungkapkan / preview / review siklus.
f. Simulation Games
adalah Permainan digunakan untuk akuisisi atau latihan keterampilan yang berbeda,
untuk mengajarkan perilaku yang efektif dalam konteks kondisi atau situasi simulasi.
g. Persuasive Games
adalah game advergames dengan pendapat yang kuat.
h. Organizational-Dynamic Games
adalah yang mengajarkan dan mencerminkan dinamika organisasi seperti : perilaku individu, dinamika kelompok dan jaringan, dinamika budaya.

4. Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).



sumber : http://puslatif.informatics.uii.ac.id/2009/10/pengantar-serious-game/
http://pertekomkitakita.blogdetik.com/2008/10/31/sejarah-perkembangan-video-games/
http://en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar