aLLVAr

Selasa, 26 Oktober 2010

CIM (Corporate Information Management)










CIM (Corporate Information Management) Sistem Informasi Perusahaan Adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.

Corporate informasi manajemen atau (CIM) adalah suatu proses:

  • Strategis akal membuat
  • Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang
  • Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia
  • Menghilangkan informasi yang berlebihan
  • Memastikan kepatuhan terhadap informasi perundang-undangan yang terkait
  • Meningkatkan pengembalian atas investasi di teknologi informasi

Disebut juga EntIS (Enterprise Information System)

Sebuah Sistem Informasi Enterprise umumnya setiap jenis sistem komputasi yang dari "kelas enterprise". Ini berarti biasanya menawarkan kualitas layanan yang tinggi, berurusan dengan volume besar data dan mampu mendukung beberapa organisasi besar ("perusahaan").


Sistem Informasi Enterprise menyediakan platform teknologi yang memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan mereka proses bisnis. Mereka menyediakan sebuah sistem tunggal yang merupakan pusat organisasi dan memastikan informasi yang bisa dibagi di semua tingkatan fungsional dan manajemen hirarki . Sistem Enterprise sangat berguna dalam menghilangkan masalah fragmentasi informasi yang disebabkan oleh beberapa sistem informasi dalam sebuah organisasi, dengan menciptakan sebuah standar struktur data .


Sebuah Enterprise khas Sistem Informasi akan ditempatkan dalam satu atau lebih data pusat , jalankan perangkat lunak Enterprise , dan dapat mencakup aplikasi yang biasanya melintas batas organisasi seperti sistem manajemen konten .


Pengertian lain :
Platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu informasi secara logical, sehingga \ perusahaan / organisasi mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.
















ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM

(EntIS) cont.

Kenapa Enterprise??

Karena sistem ini mencakup seluruh set proses yang dilakukan oleh organisasi, seperti :

-Manufaktur
-Penjualan
-Pembelian
-Dan fungsi bisnis lainnya.


Tujuan EntIS :

ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM

(EntIS) cont.

Contoh EntIS :

  • ERP : sistem yang memungkinkan manajemen atas seluruh sumber daya manufaktur (MRP) yang berasal dari area manufaktur.
  • Mengumpulkan dan menyebarkan data ke seluruh proses yang terdapat di sebuah organisasi
  • EntIS menyediakan data yang digunakan manajer untuk membuat sebuah keputusan dalam merencanakan dan mengendalikan proses bisnis.


EVOLUSI SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN

Dimulai dengan ide untuk membuat suatu tempat penyimpanan yang dapat diakses oleh seluruhresource yang ada di dalam perusahaan.

Tahun 1960, Sistem Pengolahan Transaksi

  • Berevolusi menjadi Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Alasan : karena para manajer tidak puas hanya menghitung apa yang telah terjadi di dalam bisnis, mereka ingin mengendalikan operasi di masa depan.

  • Sistem Perencanaan Pencatatan Kebutuhan Material (MRP)

MRP pertama kali dikembangkan di area manufaktur untuk mengatasi permasalahan pengendalian persediaan yang rumit


Penerapan Sistem Informasi Perusahaan

Terdapat 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan ketika memulai untuk menerapkan sistem informasi perusahaan (EntIS), yaitu :

  1. Pemilihan Penjual Perangkat Lunak
  2. Pelatihan Pemakai
  3. Pendekatan Peralihan


Kegagalan CIM :

Kegagalan sistem informasi perusahaan mencakup

proyek yang ditinggalkan sebelum penerapannya, sehingga organisasi kembali menggunakan sistem informasi perusahaan terdahulu.

Langkah-langkah yang dapat diambil organisasi untuk meminimalkan kemungkinan kegagalan sistem informasi perusahaan :

  • Mengerti kerumitan organisasi.
  • Mengenali proses yang dapat menurun nilainya bila standarisasi dipaksakan.
  • Mencapai konsensus dalam organisasi sebelum memutuskan untuk menerapkan sistem informasi perusahaan.

Pengenalan Pada Manajemen Informasi

Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.


Manajemen Informasi
Adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod, 1998)


1. Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.

1.1 Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
1. Pengaruh Ekonomi Internasional
2. Persaingan Dunia
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4. Batas waktu yang Singkat
5. Kendala kendala Sosial

1.2 Kemampuan komputer yang semakin baik


2. Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen.


2.1. Keahlian Manajemen
Seorang manajer yang berhasil banyak memiliki keahlian, tetapi ada dua yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.


2.1.1 Keahlian komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat, memo, e_mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, makan bisnis, dan kunjungan sosial.


2.1.2 Keahlian Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah (Problem Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.


Masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.


Sumber :

http://it.toolbox.com/wiki/index.php/Corporate_information_management

http://joylexx.wordpress.com/2010/10/07/apa-sistem-informasi-perusahaan-itu/

http://en.wikipedia.org/wiki/Enterprise_Information_System

http://www.scribd.com/doc/23652804/Sistem-Informasi-Perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar