aLLVAr

Jumat, 29 Oktober 2010

SNB (Social Network Business)



Social Network Business atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan layanan jaringan sosial adalah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang. Kebanyakan layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet , seperti e-mail dan pesan instan. Meskipun komunitas online jasa kadang-kadang dianggap sebagai sebuah layanan jaringan sosial. Dalam arti yang lebih luas, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan individual sedangkan komunitas online layanan adalah kelompok-berpusat. Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing


Jejaring sosial


Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya


Bisnis jaringan

Bisnis jaringan adalah kegiatan sosial ekonomi di mana kelompok-berpikiran pebisnis seperti mengenali, menciptakan, atau bertindak atas peluang bisnis. Sebuah jaringan bisnis merupakan jenis jaringan sosial yang alasan yang ada kegiatan usaha. Ada beberapa organisasi terkemuka jaringan bisnis yang menciptakan model kegiatan jaringan yang, jika diikuti, memungkinkan pelaku bisnis untuk membangun hubungan bisnis baru dan menghasilkan peluang bisnis pada waktu yang sama. Sebuah layanan jaringan profesional merupakan implementasi dari teknologi informasi untuk mendukung jejaring bisnis.

Banyak orang berpendapat bisnis jaringan bisnis yang lebih efektif biaya metode menghasilkan bisnis baru dari periklanan atau public relations usaha. Hal ini karena jaringan usaha adalah kegiatan murah yang melibatkan komitmen lebih pribadi dari uang perusahaan.

Sebagai contoh, sebuah jaringan bisnis mungkin setuju untuk memenuhi mingguan atau bulanan dengan tujuan bertukar arahan bisnis dan arahan dengan sesama anggota. Untuk melengkapi kegiatan ini, anggota sering bertemu di luar lingkaran ini, pada waktu mereka sendiri, dan membangun mereka sendiri "satu-ke-satu" hubungan dengan sesama anggota.

Jaringan bisnis dapat dilakukan dalam sebuah komunitas bisnis lokal, atau pada skala yang lebih besar lebih melalui internet . situs jaringan bisnis telah berkembang selama beberapa tahun terakhir karena kemampuan Internet untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia.


Jaringan Sosial/Bisnis & Sosial/Profesional

Jaringan ini secara umum menarik pengguna yang tertarik pada bidang bisnis dan urusan yang bersifat profesional daripada pelajar dan anak muda. Yang paling terkenal pada jaringan ini adalah LinkedIn, Xing dan Ecademy, ketiganya memiliki anggota dari sekitar 200 negara di dunia.

Jaringan sosial/bisnis mengajak pengguna untuk membangun jaringan berbasis hubungan bisnis. Sedangkan jaringan sosial/profesional lebih mengajak pengguna untuk membangun jaringan berbasis saling merefer untuk jenis-jenis bisnis yang bisa berhubungan. Keduanya bisa berguna untuk membangun koneksi bisnis Anda dan juga reputasi Anda pada bidang-bidang tertentu. Kebanyakan dari jaringan di atas memberikan kesempatan pada Anda untuk bisa memperluas profil Anda, menulis blog dan juga bergabung dengan grup-grup tertentu yang sesuai dengan minat Anda.


Bisnis melalui sosial media

Pemasaran bisnis melalui sosial media telah berkembang menjadi lebih canggih. Banyak bisnis-bisnis kecil yang memanfaatkan jasa internet khususnya sosial media web untuk membuat sebuah komunitas kemudian memasarkan produk mereka, namun mereka tidak mengetahui langkah selanjutnya.

Berikut ini adalah 5 tips strategi lanjutan bagi usaha kecil yang sudah memiliki komunitas di sosial media web, dan tidak mengetahui langkah selanjutnya.

Yang perlu Anda ketahui tentang strategi bisnis ini:

Definisi strategi sosial yang maju adalah teknik yang melampaui kehadiran media sosial yang normal. Memperkenalkan atau memperkuat pesan pemasaran sambil mendorong pengguna ke profil lain atau situs bisnis. Sebelum bergerak maju dengan strategi yang maju, penting bagi Anda memahami bisnis pemasaran sosial, memiliki pengalaman menarik konsumen, dan bahwa Anda memiliki pemahaman dasar pemasaran online.

Langkah 1. Penggunaan Multimedia

Saya pernah mendengar sebuah quote:”Sebuah gambar menjelaskan pengertian ribuan kata.” Konsumen saat ini, lebih menginginkan melihat barangnya terlebih dahulu, daripada membaca ribuan kata yang telah Anda buat untuk produk yang Anda jual. Konsumen lebih tertarik untuk mencari informasi mengenai gambar atau video dari produk yang Anda jual, kemudian mereka akan mempertimbangkan untuk membeli. Kabar baik untuk perusahaan, sangatlah mudah untuk menciptakan dan mempublikasikan produk dalam bentuk video dan gambar.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil gambar pada acara kantor sebagai bagian untuk memperlihatkan budaya perusahaan. Hal ini bukan hanya membantu meyakinkan konsumen Anda agar membeli produk Anda, tetapi lebih menunjukkan bahwa perusahaan Anda rendah diri dan menghargai konsumen.

Video sangat berguna untuk menjelaskan deskripsi dari produk Anda, tentang bagaimana cara kerja produk tersebut.Tidak perlu mahal, kemaslah video dan gambar itu semenarik mungkin, agar pesan yang ingin Anda sampaikan jelas tertuju pada konsumen. Anda mungkin bisa mengunakan camcoder untuk merekam video tersebut.

Penggunaan multimedia harus mengesankan bisnis yang Anda jalankan menyenangkan, Anda peduli terhadap karyawan, dan yang paling penting bahwa Anda peduli tentang pelanggan Anda.

Langkah 2. Sinergi Pemasaran Offline dan Online

Banyak bisnis kecil melakukan beberapa jenis pemasaran offline, apakah itu radio, ataupun melalui media cetak. Pemasaran melalui cara offline memungkinkan Anda untuk meraih pasar dalam komunitas ini, selain itu untuk meningkatkan kepercayaan dalam bisnis Anda.

Untuk pemasaran online Anda dapat memanfaatkan jasa Facebook, atau blog URL lain sebagai tempat berkumpulnya komunitas Anda. Sinergi antara pemasaran offline dan online dapat membantu membangun komunitas Anda. Memperkenalkan portfolio bisnis Anda kepada pembeli potensial memungkinkan mereka dapat bergabung dalam komunitas Anda, entah sekarang atau di kemudian hari.

Langkah 3. Ketahui Perbedaan Platform Pada Sosial Media

Sekarang sosial media sudah semakin canggih karena terdapat platform yang berbeda bagi masing-masing sosial media. Namun, pada umumnya sosial media, tetap menyampaikan pesan Anda, tetapi sayangnya sosial media ini tidak dapat terikat untuk masing-masing situs karena perbedaan platform tersebut.

Masing-masing sosial media memiliki ciri khas sendiri. Apa yang mungkin diterima pada sosial media seperti Tumblr, mungkin akan dianggap spam di Facebook. Twitter memiliki gaya penulisan tertentu dan mungkin akan gagal apabila diaplikasikan di FriendFeed.

Anda perlu memahami perbedaan penulisan ini pada masing-masing situs, dan kemudian memastikan bahwa pesan Anda tersampaikan kepada komunitas Anda.

Selanjutnya, lebih bagus Anda menyiapkan dua pesan yang berbeda bagi konsumen Anda yang telah menjadi bagian dari komunitas bisnis Anda baik itu di Twitter ataupun Facebook.

Langkah 4. Manfaatkan Jaringan Sosial di Daerah Anda

Bagi sebuah perusahaan kecil, berada pada sebuah pencarian lokal merupakan sebuah kemenangan besar. Pastikan situs Anda berada dimasukkan kedalam direktori di daerah Anda, hal ini untuk membantu konsumen potensial menemukan bisnis Anda ketika mereka membutuhkannya.

Pertama, pastikan terlebih dahulu siapa pesaing Anda. Dan dimana mereka terdaftar? Memeriksa link dari pesaing Anda adalah untuk melihat direktori mereka. Dan pastikan bahwa bisnis Anda telah dimasukkan ke dalam Google Maps, dengan menggunakan bantuan pusat bisnis lokal di Google.

Luangkan waktu untuk memasukkan semua informasi mengenai informasi perusahaan Anda, dan perbarui berita-berita lama tentang perusahaan Anda. Bagi banyak konsumen, ini akan menjadi interaksi pertama mereka dengam bisnis Anda.

Langkah 5. Kontes dan Diskon

Membangun komunitas merupakan sebuah langkah pertama dalam memanfaatkan sosial media. Menggunakan komunitas untuk mengarahkan penjualan, menyebarkan pemasaran, dan memperkenalkan operasi perusahaan adalah salah satu kekuatan dari sosial media.

Salah satu cara untuk terus merangsang komunitas Anda untuk tetap menggunakan produk Anda adalah dengan mengadakan diskon atau kontes. Terkadang kontes dapat menciptakan kompetisi diantara pengguna. Misalnya mengadakan kontes bagi penulisan komen terbaik di website Anda.

Diskon juga merupakan cara yang bagus untuk berhubungan dengan komunitas Anda. Dengan memberikan diskon eksklusif, berarti Anda memperhatikan komunitas Anda agar mereka tetap bertahan menggunakan produk Anda.

Kesimpulannya:

Memanfaatkan sosial media untuk kelangsungan hidup perusahaan Anda bukanlah sebuah cara yang sulit. Memanfaatkan keuntungan strategi ini dapat membantu Anda membangun komunitas, serta membuat pemasaran perusahaan Anda menjadi lebih efektif


Memanfaatkan Situs Jaringan Sosial untuk Bisnis

Jutaan masyarakat Indonesia sekarang demam menggunakan situs jaringan soial (social network site) seperti facebook, twitter, myspace, plurk, dan lain-lain. Motif mereka bergabung dalam situs-situs tersebut beragam. Ada yang sekedar untuk mencari teman, ada yang memakainya untuk membuat komunitas, dan ada pula yang menggunakannya untuk keperluan bisnis.

Pada Jumat, 14 Agustus 2009, Trijaya FM Surabaya mengangkat tren penggunaan situs jaringan sosial untuk pengembangan bisnis sebagai tema siaran talkshow IT’s Time. IT’s Time adalah acara dialog membahas seputar dunia teknologi informasi yang disiarkan langsung Trijaya FM Surabaya setiap Jumat pukul 10.00 – 11.00. Hari itu, Trijaya FM Surabaya mengundang DheZign Online Solution, sebuah perusahaan jasa konsultan dan pengembang website terkemuka yang berkantor di Surabaya, untuk membahas fenomena penggunaan situs jaringan sosial untuk pengembangan bisnis di internet.

Glenn Rosanno, sang pemandu acara mengawali obrolan dengan pertanyaan bagaimana DheZign berkembang dan memanfaatkan situs jaringan sosial untuk pengembangannya. Imam Muttaqin, Public Relations DheZign Online Solution, kemudian menceritakan bagaimana DheZign membangun bisnisnya hingga berkembang seperti sekarang. Menurutnya, perkembangan bisnis DheZign juga beriringan dengan pertumbuhan kesadaran orang-orang tentang pentingnya penggunaan media internet. Dalam hal pemanfaatan situs jaringan sosial, Imam mengatakan bahwa penting sekali untuk menciptakan ide-ide kreatif baik itu berupa wacana maupun kegiatan nyata yang bisa mengisi ruang-ruang obrolan di internet dan meningkatkan semangat orang untuk terus mengetahui lebih dalam tentang wacana yang sedang mengemuka.

Imam menambahkan, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari situs jaringan sosial. Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan status facebook atau tweet-nya twitter untuk memasang kalimat-kalimat yang dapat memancing orang berkomentar dan menularkannya ke orang lain. Aplikasi group serta event di facebook bisa sangat bermanfaat untuk mempublikasikan acara tanpa mengeluarkan banyak biaya. Lebih dari itu, respon calon peserta dapat diketahui lebih cepat dan lebih detail.

“Jika Anda menyediakan link ke website Anda pada status, tweet, note, informasi event, di account pribadi atau group, besar kemungkinan, pengunjung akan mengeklik link tersebut dan masuklah dia ke website Anda. Dari sana, traffic website akan semakin meningkat. Perusahaan pun makin dikenal”, tuturnya.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan pendengar IT’s Time, akhirnya obrolan semakin meluas tentang bagaimana memanfaatkan website untuk berbisnis. Menurut Mohammad Zulkarnain, Web Designer DheZign Online Solution, website bisa efektif untuk memperkenalkan perusahaan dan produknya dengan syarat performanya harus bagus. Selain menampilkan desain eyecatching sehingga pengunjung tertarik, menu-menu yang tersedia juga harus tersistematisasi dengan baik agar pengunjung mudah menemukan kebutuhannya. Foto-foto juga diatur sedemikian rupa dengan resolusi tepat dan tata letak yang menarik agar pengunjung bisa menikmatinya dengan nyaman.

Salah satu hal penting lainnya yaitu memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). Zul mengingkatkan pentingnya mencermati tren kata atau kalimat yang sering digunakan para peselancar (browser) internet untuk menemukan apa yang dicarinya. Ia menyarankan untuk menambahkan kata atau kalimat tersebut dalam website, sehingga ketika seseorang mencari dengan kata atau kalimat tersebut maka website akan masuk dalam jajaran halaman depan hasil temuan.

“Jika Anda blogger, sering-seringlah meninggalkan jejak atau komentar yang bermutu di blog orang lain atau situs-situs lain yang ramai dikunjungi orang. Kemudian, tinggalkan alamat blog atau website Anda di sana,” saran Zul untuk meningkatkan kunjungan website. “Tetapi sebelumya, pastikan website Anda memang berfungsi”, tukas Imam.


Apsense

Apsense adalah sebuah jaringan sosial bisnis di mana orang diabayar sekaligus berbagi tentang bisnis yang mereka geluti. Bayangkan sebuah tempat di mana anda memiliki semua tool yang anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis anda dan dibayar ketika anda menggunakannya. Apsense memberikan kemudahan bagi usaha kita dengan cara membentuk jaringan, mengeksplorasi dan menciptakan konten bisnis yang berkualitas. Perkembangan jaringan baru dan pertukaran informasi yang terus berlangsung terjadi setiap hari di ApSense.


Sumber :

http://akmandamedia.com/5-tips-memanfaatkan-jaringan-sosial-media.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Social_network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar